Kisah Haru dan Inspiratif, Mahasiswi yang Rela Jadi Pemulung Demi Keluarga dan Biaya Kuliah

Kisah seorang akhwat yang berjuang hidup dari tumpukan sampah. Kisah tumpukan sampah yang membawanya duduk di bangku kuliah.

1001KisahTeladan.com -Ini adalah kisah nyata tentang mahasiswi yang rela manjadi pemulung demi menghidupi ekonomi keluarga dan membiayai kuliahnya. Ming Ming nama mahasiswi tersebut, pada hari itu Ia mengenakan gamis hijau dengan jilbab krem yang lebar menutupi hampir separuh badannya serta menenteng tas hitam. Ia hendak mengikuti perkuliahan di Universitas Pamulang (UNPAM), Tangerang.

mahasiswi-pemulung

Ming Ming adalah mahasiswi pada jurusan Akuntansi di kampusnya. Ia termasuk salah mahasiswa terpandai di kelasnya. Berikut alasannya untuk tidak membuang-buang waktu bahkan saat perkuliahan telah usai.

“Ilmu sangat penting. Dengan Ilmu saya bisa memimpin diri saya. Dengan ilmu saya bisa memimpin keluarga. Dengan ilmu saya bisa memimpin bangsa. Dan dengan ilmu saya bisa memimpin dunia.” Itu asalan Ming Ming kenapa saat istirahat dia lebih senang ke perpustakaan daripada tempat lain.

Ming Ming juga rajin mengikuti kegiatan rutin pengajian bersama yang merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM) di kampusnya. Usai menyelesaikan kegiatan belajar dan pengajian, Ia pun pulang, dengan berjalan kaki. Sambil berjalan itulah, Ming Ming memunguti dan mengumpulkan kemasan plastik bekas minuman yang ditemuinya.

Sepanjang perjalanan yang kurang lebih 10 km tersebut, Ming Ming bisa memperoleh banyak kemasan plastik bekas minuman yang ditampung menggunakan karung yang dipanggul di pundaknya. Tanpa malu meski berstatus sebagai mahasiswa, Ia tetap rajin memulung sampah plastik bekas minuman.

Setelah karung yang di tentengnya sudah penuh dengan kemasan plastik bekas minuman, Ming Ming pulang ke rumah dengan menumpang truk. Ia sudah dikenal baik oleh para sopir truk yang ditumpanginya. Ming Ming menumpang truk di bak belakang. Dengan tangkasnya, Ia naik ke bak belakang truk melewati sisi samping truk yang cukup tinggi itu.

Rumah Ming Ming cukup jauh dari kampus. Lokasinya di Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor. Di rumah sederhana yang merupakan pinjaman dari saudara tersebut Ming Ming da tinggal bersama ibu dan 6 orang adiknya yang masih kecil-kecil.

Ming Ming sekeluarga adalah pemulung. Seluruh anggota keluarganya memunguti sampah plastik bekas minuman, membawanya pulang untuk di bersihkan lalu dijual kembali. Dari pekerjaan inilah, Ia dan keluarganya mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga dan juga membiayai kuliahnya.

Kisah Ming Ming ini pernah ditayangkan dalam acara MATAHATI di DAAI TV serta di Trans TV  dalam acara KEJAMNYA DUNIA.

Kisah Inspiratif | Kisah Hikmah