Kisah Pemuda yang Meragukan Allah Setelah di PHK

1001KisahTeladan.com – Dalam sebuah ayat di dalam Al Quran Surah Baqarah : 245 Allah SWT telah berjanji akan melipat gandakan rezeki pada hamba-Nya yang bersedekah. Banyak yang meragukan janji Allah tersebut. Padahal keajaiban sedekah sudah sering kali kita dengar, dan terbukti pada mereka yang benar-benar ikhlas membelanjakan hartanya di jalan Allah.

sedekah

Contohnya seperti kisah dalam film pendek ‘Salah Sedekah’ karya Want Production dan DAQU Movie berikut ini. Kisah tentang pemuda di PHK karena perusahaannya bangkrut dan selama 6 bulan semenjak di PHK belum juga mendapatkan pekerjaan baru.

Padahal Ia menjadi tulang punggung keluarga, karena ayahnya juga kena PHK sebulan sebelumnya dan kini sedang sakit-sakitan. Ibunya telah tiada, dan Ia masih memiliki dua orang adik perempuan yang masih kuliah dan sekolah.

Untuk menghidupi kesehariannya yang tidak ada pemasukan, Ia terpaksa menjual motor satu-satunya. Ia sekeluarga juga memutuskan untuk pindah ke kontrakan yang lebih murah.

Pemuda ini sebelumnya meyakini, dengan sedekah maka Allah akan menolongnya. Namun setelah 6 bulan berlalu dan merasa pertolongan Allah tidak kunjung datang kepadanya, Ia mulai meragukan Allah dan kekuatan sedekah.

Dalam salah satu adegan saat makan malam, pemuda tersebut emosi setelah kedua adiknya meminta uang untuk kebutuhan sekolah dan kuliah, sementara uang hasil penjualan motor sudah tinggal sedikit. Dengan berteriak penuh kemarahan, pemuda tersebut bahkan menyebut Allah yang salah karena telah membuat keadaan keluarganya menjadi tidak memiliki penghasilan sama sekali.

Sampai suatu ketika pemuda tersebut melihat seorang petugas kebersihan yang mensedekahkan seluruh gajinya minggu itu ke sebuah Rumah Tahfiz Al Quran. Ketika pemuda tersebut menanyakan kepada petugas kebersihan tersebut, jawabannya sungguh luar biasa.

“Terkadang kita beribadah kurang ikhlas ketika yang kita pinta kepada Allah tidak terkabul. Bukannya Allah enggak ngasih tapi Dia lagi siapkan surprise buat Mas. Allah juga enggak harus balas dengan uang juga lho. Bisa juga dengan umur panjang dan keluarga harmonis. Kita saja yang enggak sadar,” ungkap petugas kebersihan itu bijak.

Petugas kebersihan itu juga membuat pemisalan saat anaknya ngambek karena setelah capek membantu ayah ibunya tidak mendapatkan apa-apa. Padahal ayah ibu sedang menabung untuk membelikan anaknya sebuah sepeda sebagai hadiah.

Apa yang dituturkan petugas kebersihan tersebut kemudian menyadarkannya untuk lebih ikhlas melakukan sedekah. Saat itu juga, Ia sedekahkan semua uang yang ada di dompetnya ke Rumah Tahfiz Al Quran.

Pemuda tersebut kemudian pulang tanpa membawa uang sepeser pun. Sesaat sebelum sampai di rumah, Ia dipanggil-panggil oleh salah satu adiknya yang tampak panik. Sang adik mengabarkan bahwa ayah mereka pingsan di rumah. Pemuda tersebut segera melarikan ayahnya ke rumah sakit.

Sang ayah diminta oleh dokter untuk di rawat di rumah sakit. Sementara si pemuda harus membayar biaya awal di rumah sakit yang mencapai Rp. 2 juta. Ia lalu pergi ke beberapa temannya untuk meminjam uang tapi hasilnya nihil.

Baca juga : Kisah Inspiratif, Kebohongan Penuh Rasa Cinta Seorang Ibu

Di tengah kegalauannya, pertolongan Allah itu datang. Keajaiban sedekah datang ke hadapannya bahkan tanpa Ia harus mencari-carinya. Bagaimana akhir kisah film pendek “Salah Sedekah” ini? Silahkan tonton di bawah ini.

Kisah Inspiratif | Kisah Hikmah