Kisah Ali bin Abi Thalib Melamar Fatimah

Kisah Ali bin Abi Thalib Melamar Fatimah Putri Rasulullah – Pada dasarnya, setiap orang diciptakan untuk berpasang-pasangan di muka bumi ini, jodoh atau pasangan hidup kita tidak dapat kita ketahui dimasa depan nanti.

Belum tentu orang yang bersama kita, saling kenal mengenal selama bertahun tahun merupakan jodoh kita, bisa saja orang tidak kita kenal sama sekali bahkan sedikitpun sebelumnya bisa menjadi pendamping hidup di dunia ini.

Dan tentunya jodoh setiap orang, Allah Swt sudah menentukanya sebelum kita lahir didunia.

Kisah Ali bin Abi Thalib Melamar Fatimah Putri Rasulullah

Kisah Ali bin Abi Thalib Melamar Fatimah

Jodoh merupakan orang yang ditetapkan oleh Allah untuk kita, yang mana saling mengisi setiap kekurangan yang kita miliki, dan memahami satu sama lain.

Dan tentunya sebaik-baiknya jodoh adalah orang yang Shaleh, memiliki iman yang kuat dan ahli ibadah, karena pribadi seorang anak terbentuk dari pendidikan yang diberikan oleh kedua orang tuanya.

Rasulullah SAW bersabda :

“Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang shalehah. (HR Imam Thabrani).

Ada kisah menarik dari seorang sahabat Nabi Muhammad Saw. Yakni Ali bin abi thalib ra, saat itu sahabat nabi Ali bin abi thalib ra sangat mencintai putri Rasulullah yakni Fatimah Az-Zahra.

Ia berencana untuk melamar putri Rasulullah, sehingga ia mencoba untuk menabung untuk melamar Fatimah, tapi saat tabunganya belum cukup.

Seorang sahabat nabi Abu bakar ashidiq mencoba untuk melamar Fatimah azzahara, tapi lamaran tersebut ditolak.

Tidak lama setelah Abu bakar ashidiq gagal melamar, giliran Umar bin khatab ra melamar putri rosullah tersebut.

Hal itu membuat seorang Ali bin abi thalib merasa pasrah karena kedua sahabat tersebut lebih baik darinya baik itu dari segi harta atau hal lainya.

Namun, lamaran Umar pun juga ditolak, hal terbuat membuat sedikit lega hati Ali bin abi thalib, sehingga ia mempunyai kesempatan untuk melamarnya.

Setelah mendapat dukungan dari sahabat Abu bakar ra dan mantan budaknya, ia merasa yakin untuk melamarnya, sesampainya di rumah Rasulullah ia ditanya oleh Rasulullah mahar apa yang ia miliki untuk meminang putri Rasulullah Fatimah Az-Zahra.

Ia tidak memiliki apapun untuk dijadikan mahar, sehingga Rasulullah menyarankan menjual baju besi untuk mahar pernikahan, dan Rasulullah pun senang menerima seserahan tersebut, dan Ali bin abi thalib bersama Fatimah azzahra telah menikah.

Dari kisah tersebut bahwa jodoh pasti akan ketemu, karena Allah Swt telah menentukanya. “Walau digenggam kuat, andai ia bukan milik kita, ia terlepas jua. Walau ditolak ketepi,andai ia untuk kita, mendatang jua”.

Penutup

Demikianlah, Kisah Ali bin Abi Thalib Melamar Fatimah Putri Rasulullah, semoga Kisah Sahabat di atas bermanfaat. Untuk artikel menarik lainya silahkan kunjungi kualitasjos.com, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar