Kisah Ketakutan Rasulullah SAW saat Terjadi Mendung

Kisah Ketakutan Rasulullah SAW saat Terjadi Mendung dan Angin Topan – Kisah teladan kali ini berawal dari cerita Aisyah R.ha, yang selalu melihat keresahan Rasul bilamana terjadi mendung gelap disertai angin.

Rasa Takut Rasulullah saat Terjadi Mendung Gelap dan Angin Topan

Kisah Ketakutan Rasulullah SAW saat Terjadi Mendung

Selama keadaan masih seperti ini, Rasulullah akan terlihat resah, berlari keluar rumah dan masuk lagi, seraya berdo’a :

“Ya Allah, Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan atas angin ini, kebaikan yang berada didalamnya dan kebaikan yang dikirim karenanya. Dan aku berlindung kepada-Mu keburukan atas angin ini, keburukan padanya dan keburukan yang dikirim karenanya..”

Aisyah R.ha tidak berani menanyakan apa gerangan yang terjadi pada Rasulullah, yang membuat dia panik seperti itu. Namun ketika cuaca mulai cerah, wajah beliau akan kembali indah dan bercahaya.

Kemudian, Aisyah R.ha memberanikan diri untuk bertanya :

“Ya Rasulullah, semua orang akan senang dan gembira bila mendapati cuaca mendung, karena pertanda akan turun hujan. Tapi, mengapa engkau terlihat begitu cemas..?”

Kemudian Rasulullah SAW bersabda kepada Aisyah R.ha :

“Wahai Aisyah, bagaimana hatiku akan tenang jika belum dipastikan bahwa dalam mendung dan angin ini tidak disertai azab Allah? Ketahuilah, kaum ‘Ad telah diazab oleh-Nya dalam keadaan seperti ini. Ketika muncul awan hitam, mereka semua senang karena disangka akan turun hujan. Padahal, itu adalah azab dari Allah SWT terhadap mereka…”

Kemudian Rasulullah SAW membacakan Firman Allah SWT, Q.s. Al-Ahqaaf ayat 24-25 :

فَلَمَّا رَأَوْهُ عَارِضًا مُسْتَقْبِلَ أَوْدِيَتِهِمْ قَالُوا هَٰذَا عَارِضٌ مُمْطِرُنَا ۚ بَلْ هُوَ مَا اسْتَعْجَلْتُمْ بِهِ ۖ رِيحٌ فِيهَا عَذَابٌ أَلِيمٌ. تُدَمِّرُ كُلَّ شَيْءٍ بِأَمْرِ رَبِّهَا فَأَصْبَحُوا لَا يُرَىٰ إِلَّا مَسَاكِنُهُمْ ۚ كَذَٰلِكَ نَجْزِي الْقَوْمَ الْمُجْرِمِينَ

Artinya :

“Maka tatkala mereka melihat azab itu berupa awan yang menuju ke lembah-lembah mereka, berkatalah mereka: “Inilah awan yang akan menurunkan hujan kepada kami”. (Bukan!) bahkan itulah azab yang kamu minta supaya datang dengan segera (yaitu) angin yang mengandung azab yang pedih, Yang menghancurkan segala sesuatu dengan perintah Tuhannya, maka jadilah mereka tidak ada yang kelihatan lagi kecuali (bekas-bekas) tempat tinggal mereka. Demikianlah Kami memberi balasan kepada kaum yang berdosa…”

Qs. Al-Ahqaaf (24-25)

Hikmah dalam Kisah Ketakutan Rasulullah ketika Terjadi Mendung dan Angin Topan

Begitulah gambaran rasa takut Nabi Muhammad kepada Allah SWT, Meskipun Allah SWT telah berjanji tidak akan memberi azab suatu kaum yang didalamnya terdapat Rasulullah.

Namun meskipun begitu, Rasulullah selalu merasa cemas dan khawatir jika terjadi hal-hal, yang berkaitan dengan kaum terdahulu yang telah di azab Allah, salah satunya karena mendung dan angin.

Untuk itu, marilah kita bercermin terhadap diri sendiri, yang meskipun telah diingatkan dengan musibah seperti gempa, banjir, kebakaran hutan dan lainnya, namun belum juga sempat untuk menyibukkan diri bertaubat kepada Allah SWT.

Melalui kisah ini, semoga hati dan jiwa kita segera tergerak untuk senantiasa mengagungi kebesaran, serta selalu merasa takut kepada Allah SWT dimanapun dan kapanpun.

Kisah selanjutnya : Kisah Rasulullah SAW saat Terjadi Gerhana

Penutup

Demikianlah, Kisah Ketakutan Rasulullah SAW saat Terjadi Mendung Gelap dan Angin Topan. Semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari Kisah Rasulullah di atas.

Tinggalkan komentar